Efektivitas Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Pancasila Terhadap Penghayatan Nilai Pancasila Mahasiswa di Lingkungan Universitas Katolik Parahyangan
DOI:
https://doi.org/10.26593/wekxa814Keywords:
Pendidikan Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Pancasila Perilaku Keseharian Deskriptif-kuantitatif.Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah wajib dalam sistem kurikulum perguruan tinggi berdasarkan Pasal 35 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan sendiri telah diatur sebelumnya sebagai mata kuliah wajib dalam sistem kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Pasal 37 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efektivitas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Pancasila terhadap perilaku Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan, serta mengetahui sejauh mana Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan dapat menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif-kuantitatif dimana penulis akan mengumpulkan data melalui angket yang diisi oleh Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan dari berbagai program studi serta membuat suatu kajian naratif dengan bersumber pada bahan literatur yang mendukung dan sesuai dengan tema penelitian ini.